Arti dari nomer KTP ( Kartu Tanda Penduduk )

Saat sedang iseng iseng mengisi sebuah form permohonan visa ke jepang, saya dibingungkan dengan kata kata “ID No. issued to you by your government“. Setelah googling blog sana sini tanpa hasil, saya mendarat pada sebuah halaman wikipedia bahasa inggris yang membahas tentang National Identification Number, saya langsung berfikir nah mungkin ini yang diminta oleh form tersebut.

Setelah baca baca tentang National Identification Number untuk Indonesia, ternyata maksudnya adalah nomer KTP. Ya saya juga baru sadar bahwa KTP itu memiliki nomer identifikasi, padahal sebelumnya saya kira itu adalah nomer paspor saya.

Lanjut ke permasalahan inti, ternyata angka angka pada nomer KTP memiliki format tertentu. Format tersebut adalah PPRRSSDDMMYYXXXX dimana PP adalah kode provinsi, RR adalah kode Regency / Kota, SS adalah kode sub-distric ( atau mungkin bisa dibilang kecamatan), DD MM YY jelas lah tanggal kelahiran kita dan XXXX adalah angka yang diberikan oleh komputer.

Oke dari mengetahui kode tersebut, sebenarnya sangat mudah sekali untuk menebak lokasi tinggal kita atau bahkan dengan membaliknya kita bisa membuat nomor KTP baru dengan ilegal tentunya.

Sekian, semoga informasi ini tidak disalahgunakan.

Leave a Reply

