Karakteristik Pemimpin yang Dibutuhkan Bangsa Indonesia

Esai ini dalam rangka untuk memenuhi syarat mengikuti beasiswa yang diadakan oleh dataprint. Tema dari esai ini adalah Karakteristik Pemimpin yang Dibutuhkan Bangsa Indonesia.

Sebelum melanjutkan kepembahasan tentang karakteristik pemimpin yang dibutuhkan Bangsa Indonesia, ada baiknya menyamakan persepsi agar tidak ada kesalahpahaman saat pembacaan esai ini. Seorang pemimpin adalah seorang yang mampu membimbing umat manusia atau sistem yang beliau pimpin [1]. Umat manusia kali ini hanya dispesifikan sebagai Bangsa Indonesia sedangkan sistem dapat berupa sistem yang dibuat oleh manusia ataupun sistem yang telah terjadi karena hukum alam seperti sebuah ekosistem. Jadi Pemimpin Bangsa Indonesia tidak berarti harus menjadi seorang Presiden atau pejabat negara, melainkan setiap manusia yang mampu atau paling tidak mau untuk membimbing objek objek yang telah disebutkan tadi.

Lalu pembahasan selanjutnya Bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarahnya [2]. Jadi, jika akan membahas tentang Bangsa Indonesia yaitu kelompok masyarakat yang tinggal di Indonesia serta telah memiliki budaya Bangsa Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan telah terkenal atas kekayaan budayanya. Ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi seluruh pemimpin bangsa karena kondisi di setiap sisi Indonesia dapat berbeda kebudayaannya. Walaupun begitu, secara umum kebudayaan seluruh Bangsa Indonesia adalah keramahannya. Sayangnya hal tersebut kiranya sedikit luntur karena globalisasi yang gagal dibendung dan difilter. Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan seorang pemimpin yang tidak hanya mencintai Indonesia, tapi mampu menularkan kecintaannya. Menularkan kecintaan bukan dengan kekuasaan saja, tapi dengan berbagai ide unik yang mampu membuat empati pada seluruh masyarakat.

Dengan telah timbulnya kecintaan pada Indonesia, baik pada jajaran pemerintah serta seluruh masyarakat maka Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kokoh. Pejabat pemerintah tidak akan melakukan korupsi, menjual aset negara ke pihak asing atau berlaku sewenang wenang terhadap alam karena beliau tau itu bukan merupakan bukti cintanya kepada Indonesia. Masyarakat yang mencintai Indonesia akan mampu membela Indonesia di mata dunia, mampu menciptakan sesuatu demi Indonesia serta mau berkorban demi Indonesia yang lebih baik.

Saya percaya, dengan adanya satu saja karakteristik pemimpin yaitu mencintai Indonesia yang mampu menularkan kecintaannya akan mampu menciptakan sinergitas di seluruh Bangsa Indonesia.

Referensi
[1] http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php?keyword=pimpin&varbidang=all&vardialek=all&varragam=all&varkelas=all&submit=kamus
[2] http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php?keyword=bangsa&varbidang=all&vardialek=all&varragam=all&varkelas=all&submit=kamus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s