[Share] Cara mencari informasi secara akurat

Informasi di sini dikotakan menjadi informasi tentang seseorang, bukan sebuah materi pelajaran. Sebuah ilmu yang sebenarnya termasuk sebuah intuisi dan tidak dapat diukur tingkat kemampuannya tetapi sangat penting untuk diketahui bahkan dikuasai. Tujuan kita mencari informasi karena memang kita butuh informasi tersebut atau hanya sekedar pengetahuan umum yang akan digunakan untuk sebuah rencana lainnya atau cuma sekedar iseng.

Mencari informasi mungkin dewasa ini banyak dikaitkan dengan orang yang kepo atau lebih jahatnya lagi disebut stalker. Tetapi sebagai seorang pencari informasi juga, saya lebih senang dipanggil seeker (sama saja sih :p). Kenapa? Konotasi orang yang kepo dan stalker sangat negatif, kesannya kamu adalah seorang galauers yang sedang galau dan mencari kesibukan untuk makin galau. Intinya, kepoers dan stalkers mencari informasi untuk sesuatu yang tidak berdampak positif untuk dirinya. (ex: buka fb pacar orang dan scroll timelinenya sampai tahun dimana si pacar orang baru bikin fb, what a waste of time).

Berbeda dengan seeker (menurutku), seenggaknya dia lebih terencana dalam mencari informasi. Misal seorang seeker ingin mengenal seseorang yang akan dijadikan partner bisnisnya, maka dia akan melakukan hal hal semacam ini:

1. Googling

Yup, google (almost) know everything. Tapi googling tidak untuk mencari apa status fb nya pada tanggal sekian bulan sekian, tapi lebih melihat seberapa alay targetnya, seberapa aktif targetnya, seberapa hebat targetnya, dan yang paling penting bagaimana sifat targetnya.

2. Ask her/his friends

Tidak semua google tau, ada beberapa orang yang memang sangat susah ditemui di dunia maya. Entah karena dia memang menutup diri atau terlalu alay. Atau bisa juga dia adalah seorang introvert yang sangat jenius (dan temank ada yang seperti ini). Nah sekarang seeker harus menggunakan kemampuan komunikasinya. Disini juga berbeda antara stalker, kepoers dan seeker. Seorang seeker tidak boleh cuma jago dunia maya, tapi juga kemampuan komunikasinya juga harus cukup. Bagaimana mungkin seorang seeker berhenti mencari informasi yang ia butuhkan hanya gara gara gagu (majas).

Saya pernah melihat kakak kelas saya menjadi seorang seeker. Dia menemukan sebuah nama yang memenangkan sebuah kompetisi. Lalu dia menghubungi temannya yang satu almamater dengan pemenang tersebut melalui chat fb. Entah bagaimana caranya, kakak kelasku berhasil mengorek informasi sangat sangat dalam dan tepat seperti telah menghipnotis orang. Wow, ilmuku tidak sampai untuk dapat menjelaskan gimana caranya.

3. Direct Ask!

Ada sebuah informasi yang memang tidak dapat ditemukan dimanapun kecuali menanyakan langsung kepada target. Disini ada beberapa keuntungan dan kerugian. Keuntungannya kamu mendapatkan informasi yang kamu tanyakan secara tepat plus informasi tersirat tentang target tersebut. Jika kamu cukup ahli, kamu bisa saja membaca sifat orang tersebut dengan mempelajari gesture tubuh saat berbincang denganmu.

Tapi disana juga titip kelemahannya, bisa jadi kamu yang dibaca sifatnya oleh orang tersebut atau malah lebih buruk, dia risih dengan pertanyaanmu yang terlalu frontal dan fulgar. Ini juga membutuhkan pengalaman serta kepercayaan diri bahwa setiap manusia itu sederajatšŸ˜€.

Yup, untuk saat ini saya juga dapat berubah jadi introvert yang mudah speachless jika langsung dihadapkan dengan komunikasi empat mata dengan wanita yang pandai berbicarašŸ˜€.Ā  Tapi justru kelemahan ini harus sering ditempa agar dapat bermanfaat nantinya.

Sekian review singkat tentang materi mencari informasi yang saya dapat dari proses otodidak. Jika ada kesalahan, koreksi, kritik dan saran monggo di ketik. Semoga bermanfaat.

NB:

Mencari informasi tentang seseorang bukan sesuatau yang negatif. Justru itu sangat positif untuk dapat mengakrabkan diri seluruh teman yang kita miliki.

One thought on “[Share] Cara mencari informasi secara akurat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s