Hijab hanya untuk perempuan atau juga untuk laki laki?

Sekitar tahun 2013 muncul istilah yang menjadi sangat nge-tren di kalangan remaja muslim yaitu hijab. Hijab sering diartikan menjadi tindakan wanita muslim yang mulai menggunakan jilbab. Apakah benar?

Saat itu ada mata kuliah Agama Islam di kampuskutentang materi tentang tata cara berbusana muslim. Di sana disebutkan tentang keutamaan hijab bagi seluruh umat islam. Nah lo, bukan wanita saja kan?

Hijab sebenarnya lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama ( Islam) (Kata kata diambil dari Wikipedia Indonesia, tetapi intinya kurang lebih sama dengan materi kuliah). Tatacara tersebut ya tentu saja dengan menutup aurat, dimana laki laki memiliki aurat antara pusar hingga lutut sedangkan wanita memiliki aurat seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan muka. Karena itu, dibutuhkan jilbab untuk menutupi aurat wanita muslim.

Tentu tidak hanya menutupi aurat doang. Muslim dan muslimin harus menjaga tubuhnya agar tidak merangsang nafsu lawan jenis. Nah ini intinya. Untuk apa kalian ( laki laki dan wanita muslim) berhijab tetapi tetap menggunakan pakaian ketat yang menunjukan setiap lekuk tubuh kalian? Are you kidding?

Conclusion :

  1. Berhijab adalah aturan islam tentang berbusana, baik laki laki maupun wanita.
  2. Jilbab adalah busana yang digunakan wanita untuk menutupi auratnya dan salah satu poin berhijab wanita.
  3. Kerudung adalah benda yang bertujuan menutupi kepala, belum tentu menutupi aurat.

Nah, sedikit opini. Apakah yang sekarang banyak dikatakan sebagai tutorial berhijab adalah benar benar berhijab atau hanya bergaya menggunakan kerudung?

 

One thought on “Hijab hanya untuk perempuan atau juga untuk laki laki?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s