Jet Lag: Apa dan Bagaimana Mengatasinya?

Sebernernya penasaran sama lagunya simple plan tentang jet lag. Di google translate aja belum ada artinya. Ternyata Jet Lag itu sebuah penyakit. Intinya sih pada blognya mas krisna tersebut seperti ini :

 

Jet lag adalah suatu kondisi kelelahan yang berakibat pada gangguan pencernaan, insomnia dan sakit kepala yang terjadi bersamaan. Ada juga yang menyebut jet lag sebagai gangguan ritme tidur sehabis perjalanan jauh melintasi zona waktu dengan cepat.

Menurut psikiater Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Ika Widyawati, jet lag merupakan kondisi psikologis yang terjadi akibat perubahan ritme circadian, suatu irama biologis yang mengatur respon tubuh terhadap perubahan lingkungan. Jet lag juga sering disebut sebagai sindrom perbedaan zona waktu. (disandur dari artikel Selepas Melintasi Waktu, author Erwin Dariyanto, Koran Tempo Minggu 30 November 2008)

Gede's blog

Beberapa waktu lalu, paman saya sekeluarga berangkat dari Bandung ke Bali karena akan mengikuti upacara Ngaben. Biasanya, mereka pulang dengan mengendarai mobil. Namun kali ini, mereka berangkat menggunakan jasa penerbangan dari Jakarta. Balik dari Bali, mereka bertiga sakit, rata-rata menderita pusing, sakit kepala dan tidak enak badan.

Ketika saya membaca koran Tempo ada ulasan tentang Jet Lag. Nah dari sini saya tertarik dan mencari literaturnya di internet. Berikut ini hasil rangkuman saya.

View original post 520 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s