Soal Soal UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) 2013 Lengkap

UPDATE 2

Tahun 2016 adalah tahun ketiga semenjak pertama kali aku share soal ini. Aku bersyukur banyak sekali yang dapat memanfaatkan soal ini, baik dari mahasiswa PENS maupun dari calon mahasiswa. Tetapi, selalu saja ada beberapa teman teman yang tidak bisa mengunduh file tersebut. Aku sendiri bertanya, kenapa? Selama tiga tahun aku selalu mencoba ulang untuk download, dengan komputer berbeda, koneksi dari ISP berbeda, tetap bisa kok.

Try to fix your very simple problem, before face a complex problem in Enggineering World. Coba dengan merubah koneksi, mungkin kamu menggunakan provider tri, yang kalo dijabarkan hipotesa pembahasan teknis bisa panjang banget. Atau kamu menggunakan IDM terproxy sehingga belum bisa melakukan koneksi. Atau kamu menggunakan browser yang punya cache disini atau dropbox sehingga menganggap tidak terjadi apa apa. Atau kamu mungkin belum klik Link yang tersedia makannya tidak terdownload.

Aku hanya menyediakan apa yang aku punya, untuk selanjutnya silahkan berjuang. Semoga berhasil 🙂

================================

Update:

Kamu dapat mendownload soal try out UMPN yang diadakan oleh mahasiswa PENS. Soal soalnya sungguh dapat dijadikan referensi. Soal tryout dapat di download disini

Tata cara mendaftar online UMPN di PENS bisa di lihat disini

Soal yang saya berikan merupakan soal tahun 2013 saat saya masuk. Melihat banyak teman teman yang masih tidak bisa download, saya mengganti link url-nya yang saya coba dan bisa untuk didownload. Sebenarnya, link awal pun saya coba juga bisa, baik menggunakan laptop sendiri, milik teman maupun saat incognito. Mohon jika masih tidak bisa, diberitau error seperti apa yang menyebabkan tidak bisa.


Saat itu saya mengerjakan soal bidang rekayasa, maka saya tidak memiliki soal bidang tata niaga. Saya saat itu juga sebagai peserta ujian, bukan panitia jadi tidak memiliki kunci jawaban atau pun pembahasan.

Adapun jika kamu datang ke politeknik negeri ( yang saya tau di pens dan pnj) ada yang jual buku berisi soal soal umpn dari beberapa tahun yang lalu. Sangat baik kalau anda ingin mempelajarinya 🙂

========================================

Berikut ini adalah soal UMPN 2013 untuk bidang rekayasa.

Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris ( + 11 MB ) Download atau   Download

Bisa di download kok, saya udah coba berkali kali di komputer yang berbeda bisa.

oke, terima kasih sebelumnya telah mengunjungi blog ini. Berikan komentar atau like mu untuk membuatku semakin bersemangat berbagi 😀 Selamat belajar dan masuki Politeknik impianmu

NB: 

  1. Untuk soal Skolastik UMPN 2013 di PENS bisa download di sini
  2. soal soal diatas mengikuti aturan benar + 4 salah -1 gak di kerjakan 0 untuk tiap soal
  3. Soal yang diujikan pada setiap politeknik sepertinya sama, tetapi berbeda untuk soal skolastik
Advertisements

431 thoughts on “Soal Soal UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) 2013 Lengkap

  1. terima kasih kak bermanfaat banget,mau nanya itu soal mtk nya materi mtk smk ya kak?terus kalo saya mau soal2 yg lebih lengkap di pnj ada yg jual bukunya gak ya kak?
    thx b4

  2. kak mau tanya saya mau daftar di UMPN di pnj, apa tahun ini sistemnya UMPN hanya untuk mendaftar di satu politeknik misal kalo saya daftara UMPN di web PNJ saya hanya bisa memilih PNJ tidak bisa memilih poltek lain? terimakasih

    1. Saya tidak tau kalau sekarang. Tetapi berdasarkan pengalaman saya dan teman saya tahun lalu, UMPN PNJ ( dan seluruh politeknik negeri yang ikut serta) dapat memilih politeknik lain. Ya, namanya juga ujian masuk politeknik negeri, bukan politeknik tertentu.

      sayangnya, ego masing masing politeknik masih tinggi sehingga peserta diarahkan untuk lebih memilih politeknik tempat peserta ujian.

      Misalnya tahun lalu kalau tidak salah PNJ untuk harga pendaftaran tertentu hanya bisa mendaftar 1 jurusan di PNJ. Jika menambah harga tertentu akan dapat memilih 1 jurusan lagi di PNJ. Jika menambah lagi dapat memilih 1 jurusan lagi di PNJ atau di politeknik negeri lain.

      Biasanya, kamu bisa memilih politeknik lain di pilihan terakhir (prioritas terakhir juga), dimana menurut saya kemungkinan diterimanya lebih kecil. Jadi kembali ke saran saya, jika kamu sangat ingin kuliah di politeknik A, ujianlah disana.

    1. Bisa dilihat dulu manajemen informatika termasuk dalam jurusan IPA atau IPS di kampus yang kamu inginkan. Secara umum untuk UMPN, kamu akan mengerjakan 4 paket soal (matematika, fisika, bahasa indonesia, bahasa inggris untuk Program IPA. Saya tidak tau untuk Program IPS) dan 1 paket soal skolastik (seperti TPA).

  3. Kak mau nnya untuk tes UMPN ya kak bukan UMPENS,
    Kalau milih prodi MMB tetap ada ujian menggambarnya atau gak kak?
    Cz kata kakak2 yang tahun 2013 ga ada.

  4. fast respon banget ya jawabnya *blushing* enw makasih banget banyak mmbantu blognya, tapi aku ga bisa buka link soal..minta tolong diemailkan boleh ya? sekalian kunci jawabanya. trimakasih banyak . email : shety4@yahoo.com

    1. Wah saya angkatan 2013, bukan om om 😀

      Pmdk itu jalur rapot ( seperti snmptn), UMPN itu jalur tes tulis ( seperti sbmptn) dan UMPENS itu jalur mandiri. Tidak ada jalur istimewa ataupun jalur “anak tiri” dalam hal perkuliahan maupun pembayaran sejauh pengamatan saya. Beda sama universitas lain.

    1. Pada politeknik, setiap jurusan dibagi IPA dan IPS. Tentu kedua soal tersebut berbeda. Tetapi ketika jurusan A dan jurusan B adalah jurusan IPA, maka soal yang diberikan sama.

      Semoga membantu

  5. Hmm.. gtu ya bg. Ini berlaku untuk semua Politeknik Negeri seindonesia kan?? Wah jdi bngung nih. Mengingat saya juga ingin Ujian SBMPTN yg jarak waktunya lumayan dekat. Sekarang bukannya dah bisa DAFTAR ONLINE dan CETAK KARTUNYA gak mesti ksna kan bg??

    Mksud saya, saya kepengen daftar online dan cetak kartu dsni, klw bisa memungkinkan, saya akan ujian kesana.

    1. seharusnya memang berlaku seindonesia. Untuk tahun lalu, PENS belum bisa kaya gitu, tapi pnj setauku udah bisa.Iya aku akuin pendaftaran umpn seluruh politeknik masih gak se-profesional SBM apalagi SNMPTN. Aku juga udah mengusulkan ke pihak manageman, jika nanti ada kabar pasti aku kabarin. Semoga tahun ini sudah membuka daftar online.

      kemarin aku juga ngalamin itu kok, bingung antara umpn dan sbmptn. Tapi karena aku milih ITS juga di SBM jadi aku bisa ujian di surabaya. Jika kamu ada pilihan sbm universitas di jawa timur, cara ini bisa di lakukan. Jadi kamu pilih tempat ujian di surabaya.

      segitu aja saran dari saya. Makasih udah ngasih masukan masalah umpn rifki 🙂

  6. kak,, ada enggak soal yang enggak ada coretannya? :-)hihihihi
    diposting juga ya kak soal tahun kemaren2 .. terimakasih kak 🙂

    1. maaf ya kemarin sedang sibuk, inbox fb udah di bales 🙂

      Oh iya, masalah passing grade, tentu ada tetapi tidak di publikasikan oleh pihak manageman. Jadi maaf saya tidak tau

  7. Terima kasih banyak ya bg. O ya bg aku mau nanya nih. MIsal ada Si A tinggal di Medan dan ingin masuk ke PENS melalui jalur UMPN. Jika dia daftar di website PENS dan mlih PENS sbgai plihan pertama,, Apakah Si A hrus ujian di PENS(Surabaya)?? Mohon pencerahannyyaa….

    1. Sama sama 🙂

      tidak harus tetapi sangat saya sarankan. Seperti pengalaman saya, saya dulu tinggal di jakarta dan tempat politeknik terdekat yaitu PNJ. Saat itu penerimaan PNJ hanya memperbolehkan saya memilih PNJ sebagai pilihan 1 dan 2 sedangkan politeknik lain di pilihan ketiga (tidak ada pilihan ke 4)

      Karena saya ingin masuk pens bukan pnj, maka saya bela belain ke surabaya untuk mendaftar. Ternyata ketika mendaftar di pens, persyaratan yang di minta sedikit berbeda dengan pnj. Jumlah pilihan dan harga daftar umpn pun berbeda. ( di pens kalo gak salah 4 pilihan 150 ribu)

      mengingat saat umpn urutan pilihan dijadikan prioritas, maka saya sangat menyarankan untuk mendaftar disini. Walaupun ada beberapa yang dari tes di politeknik lain,tapi sangat sedikit.

      Semoga membantu dan tetap semangat ya

    1. Wah kalau pembahasan official ( dari kampus) gak ada nih. Ya nanti deh kalau sempet 🙂

      Sebenarnya di file itu ada coretanku, mungkin bisa dipelajarin. Kalau msh belum paham bisa aku bantu via fb/twitter/email

    1. Wah maaf, kalo umpn di pens gak pake soal ips. Mungkin seperti pnj gitu ada soal ipsnya karena di pnj ada jurusan yg membutuhkan dasar ips..

      Kalo memang untuk umpn, biasanya di institusi terkait pihak bem menjual buku soal dari beberapa tahun yang lalu waktu pendaftaran umpn berlangsung

      Makasih 🙂

    1. Sama sama.. Kok tau aku make linux? Hehe

      Kalo untuk pemula mending ubuntu karena bisa nanya ke banyak orang.. Katanya sih debian lebih stabil, tp untuk pemula biasanya blm kerasa mana yang stabil dan mana yang gak.. Sharing aja 🙂

      1. sebnarya q ingin pkai triple boot win,ubntu,debian tpi memri hardsk sya kcil makanya q bgung plih mna?mkanya q buat dual boot aja win sma lnuk(tpi blum pilih ubntu/dbian)
        enk pakai lnuk open source dsmping grts+leluasa otak-atik nya.

      2. Hehe emang.. Kalo mau niat triple boot, coba kamu back up dulu file di windows.. Nanti aku kasih cara bagi partisi biar efisien… Hdd nya berapa gb?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s