Soal Skolastik (seperti TPA) UMPN 2013

UPDATE 2

Tahun 2016 adalah tahun ketiga semenjak pertama kali aku share soal ini. Aku bersyukur banyak sekali yang dapat memanfaatkan soal ini, baik dari mahasiswa PENS maupun dari calon mahasiswa. Tetapi, selalu saja ada beberapa teman teman yang tidak bisa mengunduh file tersebut. Aku sendiri bertanya, kenapa? Selama tiga tahun aku selalu mencoba ulang untuk download, dengan komputer berbeda, koneksi dari ISP berbeda, tetap bisa kok.

Try to fix your very simple problem, before face a complex problem in Enggineering World. Coba dengan merubah koneksi, mungkin kamu menggunakan provider tri, yang kalo dijabarkan hipotesa pembahasan teknis bisa panjang banget. Atau kamu menggunakan IDM terproxy sehingga belum bisa melakukan koneksi. Atau kamu menggunakan browser yang punya cache disini atau dropbox sehingga menganggap tidak terjadi apa apa. Atau kamu mungkin belum klik Link yang tersedia makannya tidak terdownload.

Aku hanya menyediakan apa yang aku punya, untuk selanjutnya silahkan berjuang. Semoga berhasil🙂

================================

UPDATE

Tata cara mendaftar online UMPN di PENS bisa di lihat disini

================================

Sebelumnya udah aku upload soal soal matematika, fisika, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Selanjutnya ini adalah soal Skolastik, mungkin kamu lebih familiar dengan kata TPA (Tes Potensi Akademik). Serupa tapi tak sama, liat aja isinya.

Berbeda dengan soal lainnya, di sini tidak mengikuti aturan benar +4 salah -1. Tetapi benar +1 salah 0. Jadi, jawablah sepuasmu dan jangan ada yang tersisa.

Langung saja ya:

Download soal skolastik UMPN 2013 (+ 9.4 MB)

atau

Download soal skolastik UMPN 2013 (+ 9.4 MB)

Tetap semangat belajar dan semoga sukses.

NB:

  1. Kalo mau download soal matematika, fisika, bahasa indonesia dan bahasa inggris UMPN 2013 bisa lihat di sini.  Ada sedikit coretan jawabanku disana, hehe.
  2. Kalo gak salah, Soal soal skolastik berbeda setiap politeknik. Kebetulan soal yang aku punya dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

43 thoughts on “Soal Skolastik (seperti TPA) UMPN 2013

  1. kirim donk kak ke e-mail aku soal nya beserta pembahasannya..
    soal nya komputernya gangguan pas mau down;oad nya

  2. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you are not already😉 Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s