Pengalaman membuka Tabungan di Bank Jatim

Baru tadi pagi aku selesai mengurus rekening tabungan bank jatim untuk perorangan sendiri. Ternyata mudah juga lho.

Yang pertama aku lakukan adalah menuju kantor cabang terdekat, kebetulan aku yang paling dekat adalah cabang sidoarjo. Begitu masuk langsung dibukakan pintu oleh satpam dan menanyakan ada keperluan apa, bilang saja mau membuat tabungan baru, dia pun pasti akan memberikan kita nomor antrian dan mempersilahkan kita menunggu.


Kantor cabang bank jatim tidak sebesar kantor cabang di sebelah sebelahnya seperti BCA maupun BRI. Dan yang menyebalkan adalah proses menunggunya. Padahal sudah jam 10 lebih, tetapi teller belum datang semua. Dari 4 meja, baru terisi dua. Mungkin ini harus diadukan untuk kemajuan bank pemerintah jawa timur ini. Walaupun tidak berapa lama akhirnya lengkap juga.

Singkat cerita, nomor antrianku terpanggil. Aku duduk dengan santai dan bilang mau membuat tabungan baru.

Ohh ternyata tabungan di bank jatim ini ada tiga macam; simpeda, siklus dan tabunganku. Simpeda adalah yang paling lengkap, dengan keuntungan dapat tabungan yang telah online ( dapat tarik tunai di cabang bank jatim dimana saja), mendapatkan kartu atm yang dapat digunakan di atm prima maupun atm bersama dan diikutsertakan dalam program undian.

Lalu ke tabungan siklus, dia ( si teller) hanya mengatakan bahwa bunga lebih besar dari pada simpeda dan tabunganku. Mungkin ini cocok untuk nasabah yang memiliki tabungan banyak tapi jarang menggunakan atm.

Lalu tabunganku. Ya, ini salah satu program pemerintah yang mulai mengedukasi masyarakat untuk menabung di bank. Pada tabunganku, tidak ada biaya administrasi sama sekali, tetapi hanya bisa tarik tunai di kantor cabang dimana kita membuat tabungan tersebut.

Karena aku membutuhkan atm, aku pun mengambil jenis simpeda. Simpeda singkatan untuk Simpanan Pembangunan Daerah. Sebenernya gak ngerti sih kenapa disebut pembangunan, mungkin kalo nabung sekalian membangun sidoarjo.

Lanjut ke tata cara membuka tabungan tersebut. Yang kamu butuhkan adalah sebuah KTP, tanda tangan, deposit awal minimal RP50.000,- dan matrai RP6000. Tapi matrai bisa dibeli di tellernya sih. Kamu akan diberikan ± 5 formulir untuk diisi. Gak harus semua bagian diisi, nanti juga dipandu sama tellernya.

Setelah beres dengan isi-mengisi formulir, kita akan ditinggal untuk menguji mental kita diambilkan buku tabungan. Kita juga ditawarin mau kartu yang instan tanpa nama kita, atau mau yang ada nama kita dan harus menunggu 3 minggu. Kelamaan coy.. Aku sih ngambil yang instan dan cukup ± 3 menit jadi. Aku pun disuruh segera ganti pin yang ada pada sebuah amplop.

Aku langsung aja ngacir ke atm didepan kantor bank jatim dan mengganti pin. Yippie, sukses masbro.. Lalu aku pun coba mengecek saldo, dan apa yang terjadi? Jeng jeng… Maaf rekening tidak valid. Wadooh, aku ulangi tiga kali tetap saja. Waah, masa sih di tipu. Aku pun langsung ke teller tadi dan  menanyakan permasalahan tadi. Dengan senyum manisnya si teller berkata

Oh iya mas, kartu ini baru aktif 1×24 jam.

Oalaah mbak mbak, ngageti ae..

Begitu lah pengalamku membuka rekening atm di bank jatim. Punya pengalaman juga? Coba tulis di kotak komentar dibawah ini :D

Referensi:

Website Bank Jatim
Daftar alamat cabang Bank Jatim

Posted from WordPress for Android with IMO Smartphone “Discovery”

About these ads

4 thoughts on “Pengalaman membuka Tabungan di Bank Jatim

  1. hahahaha, kaget ni yeee…:-D
    setahuku, smua bank emng gt. Yg paling belibet di Bank Syariah Mandiri. Ngisi formulir pndaftaran ga dipandu, ditemeni satpam doang. Dah itu, trlalu bnyk syarat, ngisi npwp lah, klo ga pny npwp disuruh tnda tngn lg lah. di CS cm bwt setor aplikasi pndaftaran itu..
    Yg paling gmpng buka rekening ya di Bank Jatim & BRI Syariah. Ga ribet. Minimal setor cm 50ribu rupiah. untuk Bank jatim siy msh kena bulanan Rp 3000+2500,- klo bwt BRI syariah, mulus ga ada potongan bulanan.Malah kdng dksh bonus…
    Nggesek di atm bank manapun, gratis pula… Asyiik kaaaan….;-)

    1. Waah pengalaman baru nih. Iya denger juga dari teman beberapa keuntungan menggunakan BRI syariah. Sekarang pun saya juga udah gak pakai bank jatim lagi karena dapet kartu atm dari kampus.

      Terima kasih sharingnya mas erik :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s